Rabu, 14 Desember 2011

Teknologi Informasi

Pada Zaman Sekarang, Sudah banyak orang mengenal berbagai macam hal. Televisi, Internet, dan Radio adalah sebuah media informasi modern yang telah banyak digunakan oleh masyarakat zaman sekarang. Padahal, benda tersebut terdengar asing oleh kalangan masyarakat. Itu disebabkan oleh kurangnya pengaruh globalisasi.

Berikut adalah sejarah singkat perkembangan teknologi Informasi.

  • Pada zaman sebelum masehi, orang-orang menyampaikan informasi melalui ucapan dari
    satu orang ke orang lain dan seterusnya. Iklan juga merupakan media informasi pada zaman dahulu di Yunani. Iklan Pertama Kali muncul kira-kira 3000 SM Di Yunani Kuno.
    Saat itu Iklan digunakan dalam mengumumkan pertandingan gladiator.

  • Pada pertengahan abad 19, Gelombang Radio ditemukan. Gelombang radio ini merupakan
    teori dari James Clerk Maxwell yang berdasarkan penelitiannya. Pada 1886-1888, Henrich Rudolf Hertz memperkuat bukti dari eksperimen dari Maxwell. Disinilah Radio
    mulai dikembangkan dan ditemukan. Pada abad 20, radio pun mulai dikenal di seluruh dunia.

  • Pada tahun 1925, John Logie Baird telah menemukan televisi dan disempurnakan kembali pada tahun 1926. Televisi telah dikenal oleh banyak orang di dunia ini dan merupakan salah satu media informasi terkenal di dunia ini.

  • Pada akhir 1960-an, Badan Intelejensi dari Amerika Serikat berhasil menemukan ARPA-net, yang merupakan suatu sistem jaringan pertama di dunia. Kemudian pada 1989, Seorang Penemu Tim Berners-Lee Menemukan WWW (World Wide Web) yang merupakan protokol utama dalam mengakses internet untuk menjadi lebih mudah dan cepat. Penggunaan Komputer pun menjadi jauh lebih banyak dengan ditemukannya www.
    Proses bertukar data dan mendapat informasi.

    Jenis-jenis Perangkat Teknologi Informasi

    1.Surat Kabar
    Surat kabar adalah media massa berbentuk cetak utama yang berguna dalam menyampaikan
    informasi-informasi penting yang yang terjadi secara singkat dan jelas. Biasanya, orang-orang dewasa membeli surat kabar untuk melihat berita yang aktual. Surat Kabar banyak digemari orang karena harganya yang terjangkau dan memiliki banyak berita. Surat Kabar Juga Sering disebut sebagai Koran.

    2.Radio

    Radio adalah sebuah Media Informasi yang bekerja dengan menangkap gelobang sinyal dari udara dan mengubah sinyal tersebut menjadi suara. Radio memiliki frekwensi antara 100.000 Hingga 1.000.000.000 Hertz. Radio merupakan alat Informasi yang banyak digunakan oleh orang-orang di dunia. Meski telah ada komputer dan televisi, tetapi radio tetap banyak digunakan oleh orang.








    3.Televisi

    Televisi adalah sebuah media informasi elektronik yang bekerja dengan menangkap gelombang elektromagnetik dan mengubahnya menjadi gambar. Televisi sering disebut dengan istilah TV. Terkadang, Televisi disebut dengan Teve,Tivi,Atau Tipi. Televisi adalah media elektronik yang paling banyak digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia ini.








    4.Internet

    Internet adalah singkatan dari INTERconnected-NETworking yang bekerja dengan mengirim sinyal gelombang ke pusatnya dan menerima sinyal gelombang dari pusatnya. Sebagai media massa elektronik, Internet juga telah berperan banyak bagi kehidupan
    manusia. Pada zaman sekarang, penggunaan internet berkembang sangat pesat.
    Orang-orang menggunakan internet untuk mencari berita, bersosialisasi, menyelesaikan
    tugas, bermain game, menonton video dan berbelanja serta mengunduh musik dan file-file yang penting.

    Tips-tips dalam menggunakan Media Informasi

    1.Pastikan untuk mencari berita yang aktual, karena berita aktual akan lebih enak dibaca bila dibandingkan dengan berita lama

    2.Jangan lupa untuk memperhatikan dengan jeli berita yang ada di Televisi agar tidak
    ketinggalan berita

    3.Dalam melihat iklan, pastikan anda tidak terlalu tergiur untuk membeli barang yang
    tidak diperlukan meskipun harganya murah. Pastikan untuk memahami Iklan tersebut.

    4.Informasi sangat dibutuhkan agar manusia bisa berkembang menjadi lebih baik. Usahakan untuk membeli surat kabar setiap hari atau menonton berita yang ada di Televisi.

    5.Bila anda memiliki Internet, Pastikan anda melihat berita di Internet paling tidak sekali dalam sehari.

    Semoga tips-tips di atas bisa membantu kalian. Dan demikianlah artikel ini dibuat.
    Terima kasih.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar