Jumat, 16 Desember 2011

Permen Karet Dan Manfaatnya


Permen Karet, Siapa yang tidak kenal dengan benda yang satu ini. Benda ini cukup Populer di kalangan anak-anak kecil dan remaja. Permen Karet disukai banyak orang karena rasanya manis, berwarna-warni dan indah jika ditiup, persis seperti gambar di atas tadi. Selain Enak, ternyata permen karet juga memiliki fakta, seperti dibawah ini:

* Mengunyah Permen Karet dapat menyebabkan rahang mulut kita kuat. Itu disebabkan karena kita mengunyah permen karet secara sering sehingga menguatkan otot rahang kita

* Mengunyah permen karet dapat membuat kita menjadi cerdas, karena adanya proses pembagian pekerjaan yang dilakukan oleh proses kognitif atau otak dengan mengunyah.
Sayangnya ini hanya berlangsung selama 20 menit.

* Mengunyah permen karet dapat menghilangkan bau mulut. Ya, karena berbagai rasa dan wangi dari permen karet dapat meredam bau tidak sedap dari mulut menjadi bau buah yang segar.

* Terdapat banyak jenis permen karet yang beredar di pasar. Mulai dari permen karet rasa buah, permen karet gigi, hingga permen karet xylitol yang memelihara kesehatan gigi

Selain Fakta, ternyata permen karet juga memiliki sejarahnya lho!

Sejarah Permen Karet (Diambil Dari id.wikipedia.org)

Hingga saat ini sejarah permen karet masih belum jelas. Namun bukti sejarah tertua ditemukan pada tahun 1993 oleh para arkeolog berupa tiga gumpalan uang berisi pemanis madu yang telah berusia 9000 tahun yang dikunyah oleh para pemburu di Swedia. Akan tetapi bagi masyarakat Yunani kuno, mengunyah permen karet merupakan kebiasaan yang umum di masyarakat. Mereka mengunyah sebuah damar dari pohon mastic yang berasal dari Turki. Sementara itu di Amerika Utara, penduduk asli mempunyai kebiasaan mengunyah substansi yang dibuat dari damar pohon cemara yang terus dilanjutkan secara turun temurun hingga awal abad ke-19 yang kemudian diganti dengan parafin.


Dibalik kenikmatannya, ternyata permen karet juga memiliki sejarah dan manfaatnya, jadi permen karet itu berguna. Tetapi, jangan buang sisa permen karet sembarangan Yaaaaa!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar