Rabu, 18 April 2012

Video Game dan Tips untuk mencegah Kecanduan Video Game


  • Pengenalan Mengenai Video game.

    Video Game, Ya! Tentunya kalian pasti tahu yang satu ini. Video game adalah sebuah perangkat permainan elektronik yang menggunakan tenaga listrik untuk menjalankannya. Video Game melatih ekspresi manusia. Biasanya orang akan bermain game jika mereka merasa bosan dan sedih. Video Games mengibur manusia, tetapi dapat membuat orang kesal juga kalau kalah dalam bermain. Di Amerika Serikat dan Jepang, terdapat banyak sekali jenis-jenis Konsol Video game. Di Jepang, konsol Video Game yang terkenal pada era 80-an adalah NES (Nintendo Entertainment System) dari Perusahaan Nintendo. Di Amerika, telah Hadir X-BOX oleh perusahaan Komputer terbesar di Dunia Microsoft.

  • Jenis-jenis Konsol game dan Video game.

    Pada zaman sekarang sudah banyak sekali konsol video game yang telah muncul. Sebut saja PS2 yang merupakan konsol Video Game terlaris sepanjang masa oleh SONY Corporation. Selain itu, masih ada PSP, PS Vita dan PS3, Nintendo Wii dan Nintendo DS, Nintendo 3DS Dari Nintendo, dan XBOX 360 dari Microsoft. Bahkan pada zaman mendatang akan ada Konsol Generasi Kedelapan seperti WiiU, Playstation 4, dan XBOX 720. Bahkan ada ribuan Judul-Judul yang diproduksi untuk Konsol tersebut yang terbagi menjadi beberapa genre. Untuk game Olah Raga, sebut saja PES (Pro Evolution Soccer), FIFA, dan Madden. Untuk RPG, ada Seri Final Fantasy, Seri Wild Arms, seri Star Ocean, seri Harvest Moon, dan Pastinya, Arc The Lad (Untuk Playstation). Untuk Game Berkelahi, ada seri Tekken dan seri Street Fighter. Untuk Genre Tembak menembak, ada seri Metal Gear, seri Call Of Duty, seri Battlefield, dan seri Time Crisis. Pada Genre Balapan, ada Gran Turismo(Untuk PlayStation), Need For Speed, Forza Motorsport (Untuk XBOX), dan Juiced. Genre Platformer adalah Mario Bros, dan Legend of Zelda (Keduanya Untuk Nintendo). Pada Genre Horor, ada Silent Hill dan Resident Evil. Genre Puzzle seperti Bejeweled, Zuma, dan Luxor. Game musik/ritme seperti Singstar, Guitar Hero, dan game Dance-Dance Revolution. Dan Yang Terakhir, game Aksi/Laga, adalah seri Grand Theft Auto, seri Dynasty Warriors, seri Yakuza, seri Devil May cry, dan seri Driver. Bukan itu saja, masih banyak sekali judul-judul game yang ada di dunia.


  • Manfaat dan Bahaya Bermain Video Game.

    Setiap hal memiliki kebaikan dan keburukan sendiri, sama halnya seperti bermain game. bermain video game memiliki segudang manfaat dan juga segudang bahaya.

    Berikut ini adalah manfaat Bermain game:

    - Menghilangkan Stres
    - Mengurangi kebosanan
    - Menambah rasa sosial (Jika dimainkan berduaan atau bersama-sama)
    - Melatih kecepatan jari
    - Menambah pengetahuan (untuk game bergenre Sejarah)
    - Menambah jiwa petualang (Untuk Game bergenre Petualangan)

    Dan berikut ini bahaya dari bermain game:

    - Membuat kita kecanduan video game sehingga malas belajar
    - Sangat berbahaya bila anak dibawah umur memainkan game-game bertema kekerasan karena dapat mempengaruhi pikiran anak sehingga anak terobsesi melakukan kekerasan (Bullying) pada temannya sendiri
    - Dapat merusak mata jika dimainkan terus-menerus dalam jangka waktu panjang
    - Membuat kita Lupa waktu karena keasyikan bermain
    - Bila kalah dalam permainan, dapat menambah stres pada diri sendiri
    - Sangat berbahaya jika anak dibawah umur memainkan game bergenre Visual Novel karena dalam Visual Novel terdapat adegan erotis seperti ciuman dan terdapat gambar-gambar Vulgar yang dapat mempengaruhi pikiran anak.
    - Harga Video Game Baru sangat mahal, sehingga dapat menghamburkan uang untuk membelinya
    - Karena mahalnya harga kaset Video Game Asli, orang-orang yang tidak bertanggungjawab membajak video game Asli sehingga harganya jauh lebih murah. Pembajakan Video Game sangat dilarang oleh pemerintah karena Pembajakan Video Game dapat melanggar Aturan dan membahayakan Konsumen.


  • Kecanduan Video Game dan Cara Penanggulangannya

    Orang yang kecanduan Video Game akan terus memainkan Video Game setiap hari pada jangka waktu yang panjang. Pada zaman sekarang, terdapat banyak sekali Remaja-remaja yang pergi ke Warnet (Warung Internet) Untuk bermain game-game online yang gratis karena seru, murah, dan juga bisa bersosialisi. Tapi tahukak kamu? Kalau kecanduan bermain game dapat mengurangi prestasi akademik di sekolah dan menghancurkan hidup karena dengan bermain game orang tidak akan pernah melakukan apapun. Sebaiknya orang yang kecanduan game menghilangkan kebiasaan buruknya yaitu bermain game secara BERLEBIHAN.

    Berikut ini adalah cara untuk menghentikan kebiasaan bermain game:

    - Seringlah keluar rumah dan bergaul dengan teman sebaya. Ketika teman mengajakmu bermain Warnet, tolaklah ajakan itu, karena dapat mengembalikan hasrat bermain game.
    - Aturlah Waktu dengan baik. Buat Jadwal kegiatan setiap hari. Usahakan untuk menyisakan waktu 1-2 jam untuk bermain game.
    - Rajin-rajinlah belajar karena belajar dapat membuatmu berpikir sehingga keinginan untuk bermain menjadi hilang.
    - Pada saat liburan, usahakan untuk tidak bermain Video Game Terlalu lama. Karena bermain Video Game terlalu lama dapat menimbulkan Adiktifitas (Ketergantungan).
    - Rajin-rajinlah berolahraga setiap hari karena berolahraga dapat membugarkan pikiran dan tubuh.
    - Jika Ingin bermain game, setel alarm untuk membatasi waktu bermain game.
    - Berusahalah untuk tidak bermain game setiap hari.
    - Rajin-rajinlah Berdoa kepada tuhan dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa agar Tuhan menghindarimu dari kecanduan bermain game.
    Itulah Cara-cara yang dapat digunakan untuk mencegah kecanduan bermain video game.

  • Penutup

    Nah, ternyata bermain video game terlalu lama tidak baik untuk diri kita sendiri, Jadi Kita Wajib untuk mengatur waktu kita. Bermain Video Game itu boleh, tetapi jangan terlalu Sering. Jadi, tidak ada salahnya jika kita bermain video game dengan baik. Sampai disini saja ya, penjelasan mengenai Video Game! Semoga Kalian bisa bermain dengan aman dan nyaman, dan selamat bermain!

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar