Selasa, 24 Januari 2012

Vegetarian



1.Pengertian Vegetarian
Vegetarian adalah sebuah gaya hidup manusia yang mencerminkan sikap untuk tidak
memakan daging dan lemak hewani. Biasanya orang yang bervegetarian hanya memakan sayur-sayuran dan buah-buahan atau lemak nabati.


2. Jenis-jenis Vegetarian
Di dunia ini terdapat 5 jenis Gaya Hidup Vegetarian, yaitu:


A. Semi Vegetarian

Orang yang menjalani vegetarian jenis ini akan memakan sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai makanan utamanya, mereka juga mau untuk memakan ikan dan daging.


B.Lacto Vegetarian

Orang yang menjalani gaya hidup ini hanya akan memakan sayur-sayuran,buah-buahan, dan Telur sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas.


C.Ovo Vegetarian

Orang ini hanya memakan sayur-sayuran, buah-buahan, dan telur sebagai tenaga utama dalam beraktivitas.

D.Lacto-Ovo Vegetarian

Orang yang menjalani vegetarian ini akan memakan buah-buahan, sayur-sayuran, dan susu serta telur sebagai tenaga untuk hidup


E.Vegan


Gologan Vegetarian ini termasuk golongan yang paling ketat dan paling tinggi. Pada gaya hidup ini, selain tidak mengonsumsi daging, juga tidak mengonsumsi hasil daging, seperti telur dan susu. Bahkan, Orang yang menjalani vegan pun memprotes gaya hidup yang menggunakan unsur hewan, seperti berpakaian dengan bahan baku bulu domba dan menggunakan sepatu dari kulit sapi. Orang seperti ini biasanya memiliki simpati yang sangat tinggi terhadap hewan dan binatang.


3.Organisasi Vegan
Ada pula organisasi yang menerapkan gaya hidup seperti ini. Contohnya adalah PETA (People for the Etnical Treatment of Animals) yang memprotes dan juga mengecam semua tindakan yang menganiyaya hewan dan binatang. PETA dibentuk agar seluruh orang menyayangi binatang dengan cara tidak membunuhnya untuk dimakan, dikuliti, dan dipakai serta tidak menggunakan binatang sebagai media hiburan.


4.Manfaat Vegetarian
Bila Seseorang bervegetarian, maka ia akan menjalani gaya hidup yang sehat tanpa lemak jenuh dari hewan. Bervegetarian bisa saja memperpanjang usia manusia karena dengan hanya memakan sayuran saja, metabolisme manusia bisa lancar dan juga dapat terhidar dari penyakit seperti kegemukan dan serangan jantung. Selain menyehatkan, bervegetarian juga dapat menyelamatkan dunia dari pemanasan global. Penyebab Pemanasan global yang terbesar adalah gaya hidup memakan daging. Daging sapi adalah penyumbang polusi paling banyak karena sapi adalah hewan yang menghasilkan karbon dengan jumlah yang sangat besar, itu disebabkan oleh pernapasan sapi. Serta Kotoran sapi mengandung Unsur CFC (Chlorofluorocarbon) yang dapat melubangi ozon di atmosfer bumi.



5.Penutup
Dengan bervegetarian, maka anda mendapatkan banyak keuntungan, apakah anda tertarik?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar