Minggu, 20 Maret 2011

Tembok-tembok yang menggemparkan

Biasanya kita mengenal tembok sebagai pembatas ruangan-ruangan di dalam
rumah. Tetapi, sebenarnya ada juga tembok yang berukuran besar dan panjang yang dapat digunakkan sebagai alat pemisah batas-batas wilayah kekuasaan.
Nah, pada artikel ini, saya akan membahas 2 contoh tembok yang berukuran besar dan panjang.

1.Tembok Raksasa China (RRC)

Tembok raksasa China dibangun sekitar 2000 tahun yang lalu. Pembangunan Tembok tersebut memakan waktu sekitar beratus-ratus tahun yang lalu, di zaman beberapa kaisar
awalnya, pembangunan tembok tersebut dilakukan oleh kaisar Qin-Shi-Huang, namun menurut penelitian dan catatan literatur sejarah, tembok itu telah dibuat sebelum Dinasti Qin berdiri, tepatnya dibangun pertama kali pada Zaman Negara-negara Berperang. Kaisar Qin Shi-huang meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya.
Sepeninggal Qin Shi-huang, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali di zaman Dinasti Sui, terakhir dilanjutkan lagi di zaman Dinasti Ming. Bentuk Tembok Raksasa yang sekarang kita lihat adalah hasil pembangunan dari zaman Ming tadi. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu-batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda Cina.
Panjang tembok cina berkisar sekitar 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat)dan memiliki tinggi sekitar 8 meter.
Setiap 180-270 meter dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut sekitar 11-12 meter. Tembok Raksasa Cina ini juga disebut sebagai Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li1.



2.Tembok Berlin

Tembok berlin adalah sebuah tembok perbatasan antara Berlin Barat dan Berlin Timur yang dibangun pada 13 Agustus 1961 oleh pemerintahan komunis Jerman Barat yang dipimpin oleh Walter Ulbricht karena Berlin Barat adalah sebuah "lubang" di negara mereka. Pada 1949 sampai 1961, ada kurang lebih 2 juta orang Melarikan diri dari Jerman Timur melalui Berlin.
Pada awalnya Tembok Berlin dibangun dengan menggunakan kawat berduri. Tetapi, Lama-kelamaan Tembok tersebut dibangun dengan menggunakan tembok batu yang dilengkapi dengan menara pengawas dan juga senjata-senjata bersensor otomatis.
Tetapi, Tembok Berlin dirubuhkan pada 9 November 1989.

Demikian artikel mengenai Tembok-tembok yang Berukuran Besar ini dibahas, semoga artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda!

Created By: Alvindo
Sumber: id.wikipedia.org
Please Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar